Isi Fatwa : Tanpa pemotongan atau pemenggalan.
سئل الشيخ العثيمين رحمة الله تعالى عن الفرق بين ما يسمى بأسبوع الشيخ محمد بن عبد الوهاب رحمة الله والاحتفال بالمولد النبوي حيث ينكرعلى من فعل الثاني دون الأول
:فأجاب
الفرق بينهما حسب علمنا من وجهين
الأول: إن أسبوع محمد بن عبد الوهاب رحمة الله تعالى لم يتخذ تقربا إلى الله عز وجل، وإنما يقصد به إزالة الشبهة في نفوس بعض الناس في هذا الرجل ويبين ما من الله به على المسلمين على يد هذا الرجل.
الثاني: أسبوع الشيخ محمد بن عبد الوهاب رحمة الله لا يتكرر ويعود كما تعود الأعياد بل هو أمر بين للناس وكتب فيه ما كتب وتبين في حق هدا الرجل ما لم يكن معروفا من قبل لكثير من الناس ثم انتهى أمره
من كتاب فتاوى العقيدة للشيخ محمد بن صالح بن عثيمين
Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah pernah ditanya tentang apa perbedaan antara “Pekan Memorial Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab Rahimahullah” dengan “Perayaan Maulid Nabi”. Mengapa Maulid Nabi diingkari namun acara tersebut tidak diingkari?
Beliau menjawab:
Menurut hemat saya, perbedaannya dilihat dari dua sisi:
Pertama, “Pekan Memorial Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab Rahimahullahu Ta’ala” tidak dianggap sebagai suatu bentuk taqarrub kepada Allah Azza Wa Jalla. Acara ini diadakan dalam rangka meluruskan info-info yang rancu mengenai pribadi beliau. Juga menjelaskan tentang nikmat yang Allah berikan kepada kaum muslimin melalui tangan beliau (yaitu jasa-jasa beliau, pent).
Kedua, “Pekan Memorial Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab Rahimahullahu Ta’ala” tidak diadakan secara rutin dan sebagaimana rutinnya hari raya. Isi dari kegiatan ini adalah memberikan menjelaskan dan merilis tulisan-tulisan beliau kepada masyarakat serta menerangkan tentang pribadi beliau. Karena penjelasan tentang hal ini banyak belum diketahui banyak orang. Hanya sebatas itu lah kegiatannya.
Sumber: Majmu’ Fatawa Al Aqidah Li Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin .
Penjelasan berikut Kritikan sekaligus Pertanya'an:
1. Perbeda'an dan Persama'an
A : Perbeda'an nya.
pekan Bin wahhab Tidak di isi dengan membaca Shalawat, membaca Al-qur'an, Dzikir bersama, dan pengajian Akbar. Melainkan di isi dengan Sirah-sirah perjalanan Muhammad bin abdul wahhab semenjak pergolakan yang di anggapnya sebagai pejuangan dalam memurnikan Tauhid, dan memerangi Kaum muslimin yang di anggapnya telah Musyrik dan Ahli bid'ah/ sesat.
sementara Maulid Nabi Di isi dengan Membaca Shalawat, Tilawah Al-qur'an, dzikir bersama, dan Pengajian akbar untuk menjelaskan kepada Ummat tentang sejarah perjalanan Nabi-nya Muhammad
-Shallalhu alaihi wa sallam- Perjuangan nya dalam mengislamkan Orang Kafir, dan Bukan mengkafirkan orang Islam. Agar senantiasa di ingat, di kenang, dan di contoh. Karena yang di syi'arkan adalah sejarah Nabi sebagai Utusan Allah sudah tentu ini mempunyai Nilai Ibadah, sebagai suatu bentuk taqarrub kepada Allah Azza Wa Jalla.
B : Persama'an nya :
adalah sama-sama membuat sebuah perkumpulan mengumpulkan Manusia dalam sebuah tempat, yang isi nya adalah sama-sama Mengenang dan menjelaskan perjalanan Tokoh, yang satu menjelaskan sirah peralajalan Tokoh Wahhabi yaitu Muhammad Bin adbul wahhab. dalam rangka meluruskan info-info yang rancu mengenai pribadi beliau . Juga menjelaskan tentang nikmat yang Allah berikan kepada kaum wahhabi melalui tangan beliau (yaitu Bin abdul wahhab). Sementara yang satu nya menjelaskan sirah perjalanan Tokoh kaum muslimin Yaitu sang pembawa Risalah Junjungan Nabi Agung Muhammad -Shallahu alaihi wa sallam- dalam rangka meluruskan info-info yang rancu mengenai pribadi sang Nabi, Juga menjelaskan tentang nikmat yang Allah berikan kepada kaum muslimin melalui tangan beliau (Yaitu sang Baginda Nabi Muhammad -shalllahu alaihi wa sallam-)
* Pekan Muhammad Bin Abdul wahhab Bukan ibadah, sedang Maulid di anggapnya sebagai Ibadah*
Sudah tentu, Namun jika isi acara dalam pekan Bin Wahhab di isi Oleh do'a-do'a Maka Do'a do'a inilah yang mempunyai Nilai Ibadah, Hal yang Sama Dengan Maulid Nabi, berMaulid nya bukan merupakan Ibadah, Namun manakala di dalam Maulid tersebut berisi Pembaca'an Shalawat kepada Junjungan Nabi, membacakan sejarah kehidupan dan perjuangan nya, memberikan Pengajian Akbar yang bermanfa'at kepada ummat sebagai Sarana dakwah, menjamu mereka dengan segala penghormatan sebagai bentuk sedekah, maka inilah yang mempunyai Nilai Ibadah.
Pertanya'an :
Kenapa memperingati pekan Bin wahhab Itu Boleh ??
sementara memperingati sejarah Hari kelahiran Nabi dan bergembira ke atas nya di anggap perbuatan sesat ??
catatan : Yang di pertanyakan Bukan Ibadah di dalam nya, melainkan memperingati tokoh nya.
a. memperingati tokoh Wahhabi adalah Boleh bahkan itu mengandung kebaikan.
b. memeringati Tokoh islam, yaitu Nabi-nya Ummat islam Muhammad -shallahu alaihi Wa sallam- adalah haram dan di anggapnya sesat.
Silahkan Orang wahhabi yang mempunyai kewajiban menjawab persoalan ini.
-wallahu al-musta'an-
No comments:
Post a Comment