50 AQIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH
50 AQIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH
Aqidah
Ahlussunnah wal Jama’ah terdiri dari 50 aqidah, di mana yang 50 aqidah
ini dimasukkan ke dalam 2 kelompok besar, yaitu:
1. Aqidah
Ilahiyyah (عقيدة الهية) dan
2. Aqidah Nubuwwiyah (عقيدة نبوية)
Adapun Aqidah Ilahiyyah terdiri dari 41 sifat, yaitu:
A. 20
sifat yang wajib bagi Allah swt: wujud (وجود), qidam (قدم), baqa (بقاء),
mukhalafah lil hawaditsi (مخالفة للحوادث), qiyamuhu bin nafsi (قيامه
بالنفس), wahdaniyyat (وحدانية), qudrat (قدرة), iradat (ارادة), ilmu
(علم), hayat (حياة), sama’ (سمع), bashar (بصر), kalam (كلام), kaunuhu
qadiran (كونه قديرا), kaunuhu muridan (كونه مريدا), kaunuhu ‘aliman
(كونه عليما), kaunuhu hayyan (كونه حيا), kaunuhu sami’an (كونه سميعا),
kaunuhu bashiran (كونه بصيرا), dan kaunuhu mutakalliman (كونه متكلما).
B. 20 sifat yang mustahil bagi Allah swt: ‘adam (tidak ada),
huduts (baru), fana’ (rusak), mumatsalah lil hawaditsi (menyerupai
makhluk), ‘adamul qiyam bin nafsi (tidak berdiri sendiri), ta’addud
(berbilang), ‘ajzu (lemah atau tidak mampu), karohah (terpaksa), jahlun
(bodoh), maut, shamam (tuli), ‘ama (buta), bukmun (gagu), kaunuhu
‘ajizan, kaunuhu karihan, kaunuhu jahilan (كونه جاهلا), kaunuhu mayyitan
(كونه ميتا), kaunuhu ashamma (كونه أصم), kaunuhu a’ma (كونه أعمى), dan
kaunuhu abkam (كونه أبكم).
C. 1 sifat yang ja’iz bagi Allah
swt.
Aqidah Nubuwwiyah terdiri dari 9 sifat, yaitu:
A.
4 sifat yang wajib bagi para Nabi dan Rasul: siddiq (benar), tabligh
(menyampaikan), Amanah, dan fathanah (cerdas).
B. 4 sifat yang
mustahil bagi para Nabi dan Rasul: kidzib (bohong), kitman
(menyembunyikan), khianat, dan baladah (bodoh).
C. 1 sifat yang
ja’iz bagi para Nabi dan Rasul.
I. DALIL-DALIL SIFAT WAJIB
BAGI ALLAH SWT:
1. Dalil sifat Wujud (Maha Ada): QS Thaha ayat
14, QS Ar-Rum ayat 8, dsb.
2. Dalil sifat Qidam (Maha Dahulu):
QS Al-Hadid ayat 3.
3. Dalil sifat Baqa (Maha Kekal): QS
Ar-Rahman ayat 27, QS Al-Qashash ayat 88.
4. Dalil sifat
Mukhalafah lil Hawaditsi (Maha Berbeda dengan Makhluk): QS Asy-Syura
ayat 11, QS Al-Ikhlas ayat 4.
5. Dalil sifat Qiyamuhu bin Nafsi
(Maha Berdiri Sendiri): QS Thaha ayat 111, QS Fathir ayat 15.
6. Dalil sifat Wahdaniyyat (Maha Tunggal / Esa): QS Az-Zumar ayat 4, QS
Al-Baqarah ayat 163, QS Al-Anbiya’ ayat 22, QS Al-Mukminun ayat 91, dan
QS Al-Isra’ ayat 42-43.
7. Dalil sifat Qudrat (Maha Kuasa): QS
An-Nur ayat 45, QS Fathir ayat 44.
8. Dalil sifat Iradat (Maha
Berkehendak): QS An-Nahl ayat 40, QS Al-Qashash ayat 68, QS Ali Imran
ayat 26, QS Asy-Syura ayat 49-50.
9. Dalil sifat Ilmu (Maha
Mengetahui): QS Al-Mujadalah ayat 7, QS At-Thalaq ayat 12, QS Al-An’am
ayat 59, dan QS Qaf ayat 16.
10. Dalil sifat Hayat (Maha
Hidup): QS Al-Furqan ayat 58, QS Ghafir ayat 65, dan QS Thaha 111.
11 & 12. Dalil sifat Sama’ (Maha Mendengar) dan Bashar (Maha
Melihat): QS Al-Mujadalah ayat 1, QS Thaha ayat 43-46.
13.
Dalil sifat Kalam (Maha Berfirman): QS An-Nisa ayat 164, QS Al-A’raf
ayat 143, dan QS Asy-Syura ayat 51.
Dua puluh sifat yang wajib
bagi Allah tersebut di atas dibagi kepada 4 bagian, yaitu:
1.
Sifat Nafsiyyah. Artinya: Sifat yang tidak bisa difahami Dzat Allah
tanpa adanya sifat. Sifat Nafsiyyah ini hanya satu sifat, yaitu: sifat
wujud.
2. Sifat Salbiyyah. Artinya: Sifat yang tidak pantas
adanya di Dzat Allah swt. Sifat Salbiyyah ini jumlahnya ada lima sifat,
yaitu: Qidam, Baqa, Mukhalafah lil Hawaditsi, Qiyamuhu bin Nafsi, dan
Wahdaniyyah.
3. Sifat Ma’ani. Artinya: Sifat yang tetap dan
pantas di Dzat Allah dengan kesempurnaan-Nya. Sifat Ma’ani ini jumlahnya
ada tujuh sifat, yaitu: Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayat, Sama’, Bashar, dan
Kalam.
4. Sifat Ma’nawiyyah. Artinya: Sifat yang merupakan
cabang dari sifat Ma’ani. Sifat Ma’nawyyah ini jumlahnya ada tujuh
sifat, yaitu: Kaunuhu Qadiran, Kaunuhu Muridan, Kaunuhu ‘Aliman, Kaunuhu
Hayyan, Kaunuhu Sami’an, Kaunuhu Bashiran, dan Kaunuhu Mutakalliman.
II. DALIL-DALIL SIFAT JA’IZ BAGI ALLAH
A. QS Al-Qashash ayat
68
B. QS Al-Imran ayat 26
C. QS Al-Baqarah ayat 284
CATATAN PENTING:
Pokok-pokok Ilmu Tauhid (مبادئ علم التوحيد):
1. Definisi Ilmu Tauhid (حده):
Ilmu yang mempelajari
tentang sifat-sifat Allah dan para rasul-Nya, baik sifat-sifat yang
wajib, mustahil maupun ja’iz, yang jumlah semuanya ada 50 sifat. Sifat
yang wajib bagi Allah ada 20 sifat dan sifat yang mustahil ada 20 sifat
serta sifat yang ja’iz ada 1 sifat. Begitupula sifat yang wajib bagi
para rasul ada 4 sifat (sidiq. tabligh, amanah, dan fathanah) dan sifat
yang mustahil ada 4 sifat (kidzb / bohong, kitman / menyembunyikan,
khianat, dan bodoh) serta sifat yang ja’iz ada 1 sifat. 50 sifat ini
dinamakan “Aqidatul Khomsin / عقيدة الخمسين “. Artinya: Lima puluh
Aqidah.
2. Objek atau Sasaran Ilmu Tauhid (موضوعه): Dzat Allah
dan sifat-sifat Allah.
3. Pelopor atau Pencipta Ilmu Tauhid
(واضعاه): Imam Abul Hasan Al-Asy’ari (260 H – 330 H / 873 M – 947 M )
dan Imam Abul Manshur Al-Mathuridi ( 238 – 333 H / 852 – 944 M ).
4. Hukum Mempelajari Ilmu Tauhid (حكمه): Wajib ‘ain dengan dalil ijmali
(global) dan wajib kifayah dengan dalil tafshili.
5. Nama Ilmu
Tauhid (اسمه): Ilmu Tauhid, Ilmu Ushuluddin, Ilmu Kalam dan Ilmu
‘Aqa’id.
6. Hubungan Ilmu Tauhid dengan Ilmu-ilmu lain (نسبته):
Asal untuk ilmu-ilmu agama dan cabang untuk ilmu selainnya.
7.
Masalah-masalah Ilmu Tauhid (مسائله): Sifat-sifat wajib, mustahil, dan
ja’iz bagi Allah swt dan para Rasul-Nya.
8. Pengambilan Ilmu
Tauhid (استمداده): Diambil dari Al-Qur’an, Al-Hadits, dan akal yang
sehat.
9. Faedah Ilmu Tauhid (فائدته): Supaya sah melakukan
amal-amal sholeh di dunia.
10. Puncak Mempelajari Ilmu Tauhid
(غايته): Memperoleh kebahagian, baik di dunia maupun akherat dan
mendapat ridha dari Allah swt serta mendapat tempat di surga.
maka dengan Demikian, benarlah apa yang di sepakati Ulama akan ciri ciri
Islam yang berasaskan Ahl sunnah wal jama'ah
Islam Ahlussunnah
wal Jama'ah adalah Islam dengan 4 ciri:
1. berpedoman pada Qur'an,
Hadits, Ijma' dan Qiyas.
2. Di bidang Fiqih, bermadzhab kepada
salah satu madzhab yang empat ( ImamHanafi, Imam Maliki, ImamSyafii dan
Imam Hanbali).
3. Di bidang Aqidah, mengikuti faham Asy'ariyah dan
Maturidiyah.
4. Di bidang Tasawuf, mengikuti Imam Abu Qosim
al-Junaidi
yang menetang kebijakan dan kesepakatan Jumhur
adalah adalah 3 kelompok besar
yaitu
1, Yahudi
2.
Wahaby salafy
3. dan Nsrani
No comments:
Post a Comment