DALIL-DALIL HADITS YANG MENJELASKAN BAHWA BASMALAH ADALAH SATU AYAT DARI AL-FATIHAH
Dari Qatadah r.a, berkata : Anas r.a, ditanya bagaimana adanya bacaannya Nabi SAW?, ia berkata :
كَانَتْ مَدًّا، ثُمَّ قَرَأَ : { بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
}، يَمُدُّ بِبِسْمِ اللَّهِ، وَيَمُدُّ بِالرَّحْمَنِ، وَيَمُدُّ
بِالرَّحِيمِ. {رواه البخاري (٥٠٤٦)، وأبو داود (١٤٦٥)، وغيرهما}. حديث
صحيح
"Adalah bacaannya panjang, kemudian ia membaca "BISSMILLAAHI
AR-RAHMAANI AR-RAHIIMI", ia memanjangkan pada Bismillaahi, dan pada
Ar-Rahmaani, dan pada Ar-Rahiimi". (H.R. Al-Bukhari, No Hadits : 5046,
dan Abu Dawud, No Hadits : 1465). Hadits Shohih
Dari Abu Hurairah r.a, berkata, Rasululloh SAW telah bersabda :
إِذَا قَرَأْتُمْ الْحَمْدُ للهِ فَاقْرَءُوا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيْمِ، إِنَّهَا أُمُّ الْقُرْآنِ وَأُمُّ الْكِتَابِ وَالسَّبْعُ
الْمَثَانِي، وَبِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ إِحْدَاهَا. {رواه
الدارقطني (١١٧٧)}. إسناده حسن
"Apabila kalian membaca
al-Hamdulillah (surat al-Fatihah) maka bacalah
BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM, karena sesungguhnya ia adalah Ummul
Qur'an dan Ummul Kitab serta as-Sab'ul Matsani, dan
BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM adalah salah satu ayat darinya". (H.R.
ad-Daraquthni, No : 1177). Sanadnya adalah hasanAli bin Abu Thalib r.a, dan 'Ammar bin Yaasir r.a, keduanya telah meriwayatkan :
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ يَجْهَرُ فِى
الْمَكْتُوبَاتِ بِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، وَكَانَ
يَقْنُتُ فِى صَلاَةِ الْفَجْرِ، وَكَانَ يُكَبِّرُ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ
صَلاَةَ اْلغَدَاةِ، وَيَقْطَعُهَا صَلاَةَ الْعَصْرِ آخِرَ أَيَّامِ
التَّشْرِيقِ. {رواه الدارقطني (١٧١٨)، والحاكم في المستدرك (١١٣٩)}. وقال
الحاكم : هذا حديث صحيح الإسناد، ولا أعلم في رواته منسوبا إلى الجرح.
"Sesungguhnya Nabi SAW, adalah beliau mengeraskan di dalam sholat-sholat
fardlu dengan BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM, dan adalah beliau qunut di
dalam sholat Shubuh, dan adalah beliau bertakbir dari hari 'Arafah pada
sholat Shubuh, dan beliau memutuskannya pada sholat 'Ashar pada akhir
hari-hari tasyriq".(H.R. Ad-Daraquthni, No Hadits : 1718, dan Al-Hakim,
No Hadits : 1139). Dan Al-Hakim berkata : Ini adalah hadits yang shohih
sanadnya, dan saya tidak tahu di beberapa perowinya yang dinisbatkan
kepada kecacatan
Penjelasan : Oleh sebab itulah Imam as-Syafi'i
dan mayoritas ulama berpendapat bahwa wajib membaca Basmalah pada
permulaan surat al-Fatihah di dalam tiap-tiap sholat. Wallohu A'lam
http://www.facebook.com/cintaulama/posts/346054902146461
No comments:
Post a Comment