Wednesday, January 23, 2013

Sholawatnya Imam Syafi'i

واعلم: أن أول من صلى بهذه الصيغة الامام الشافعي رضي الله عنه. ... قال محمد بن عبد الحكم: رأيت الشافعي رضي الله عنه في المنام فقلت له: ما فعل الله بك يا إمام ؟ قال رحمني وغفر لي وزفت إلي الجنة كما تزف العروس. فقلت: بماذا بلغت هذا الحال ؟ قال: بما في كتاب الرسالة من الصلاة على رسول الله (ص)، قال، وقلت: كيف تلك الصلاة ؟ قال: اللهم صل على سيدنا محمد عدد ما ذكرك الذاكرون وغفل عن ذكره الغافلون. قال: فلما أصبحت أخذت الرسالة ونظرت فوجدت الامر كما رأيت. ketahuilah: bahwa yang bersholawat dengan shighot seperti ini adalah Imam Syafi'i ra. berkata Muhammad bin abdul hakam : ''aku melihat imam syafi'i ra. didalam tidurku, maka aku berkata kepadanya: apa yang dilakukan Allah kepadamu wahai Imam? Imam syafi'i menjawab: Allah telah mengasihiku dan mengampuni aku dan memasukan aku kedalam surga sebagaimana masuknya pengantin pada malam pertama. maka aku berkata: dengan apa engkau mencapai keadaan seperti itu? imam syafi'i menjawab: aku mendapat keadaan seperti ini dengan keberkahan apa yang ada dalam kitab risalah dari sholawat kepada Rasulullah saw., aku berkata:'' bagaimana sholawat tersebut? imam syafi'i berkata:'' Allahumma sholli Ala Sayidina Muhammadin Adada maa dzakarakad Dzakiruun wa ghofala an dzikrihil Ghofiluun.'' berkata syekh Muhammad bin abdul hakam: ketika pagi hari aku mengambil kitab risalah dan aku lihat kemudian aku mendapatkan perkara tersebut sebagaimana yang aku mimpikan.

No comments:

Post a Comment