Thursday, January 30, 2014

TENTANG HADITS BID'AH

pembahasan yg ku buat sndri tentang hadist bid'ah dari sisi ilmu alat dan pembatalan i'tiqad wahabi bhw semua bid'ah itu sesat

sunan an nasa-i

1799 - ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﻋﺘﺒﺔ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ، ﻗﺎﻝ: ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ اﺑﻦ اﻟﻤﺒﺎﺭﻙ، ﻗﺎﻝ: ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺳﻔﻴﺎﻥ، ﻋﻦ ﺟﻌﻔﺮ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ، ﻋﻦ ﺟﺎﺑﺮ، ﻗﺎﻝ: ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ، ﻓﻲ ﺧﻄﺒﺘﻪ ﻳﺤﻤﺪ اﻟﻠﻪ، ﻭﻳﺜﻨﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﻤﺎ ﻫﻮ ﻟﻪ ﺃﻫﻞ، ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻝ: " ﻣﻦ ﻳﻬﺪ اﻟﻠﻪ ﻓﻼ ﻣﻀﻞ ﻟﻪ، ﻭﻣﻦ ﻳﻀﻠﻞ ﻓﻼ ﻫﺎﺩﻱ ﻟﻪ ﺇﻥ ﺃﺻﺪﻕ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻛﺘﺎﺏ اﻟﻠﻪ، ﻭﺃﺣﺴﻦ اﻟﻬﺪﻱ ﻫﺪﻱ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﺷﺮ اﻷﻣﻮﺭ ﻣﺤﺪﺛﺎﺗﻬﺎ، ﻭﻛﻞ ﻣﺤﺪﺛﺔ ﺑﺪﻋﺔ، ﻭﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺿﻼﻟﺔ، ﻭﻛﻞ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ، ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻝ: " §ﺑﻌﺜﺖ ﺃﻧﺎ ﻭاﻟﺴﺎﻋﺔ ﻛﻬﺎﺗﻴﻦ، ﻭﻛﺎﻥ ﺇﺫا ﺫﻛﺮ اﻟﺴﺎﻋﺔ اﺣﻤﺮﺕ، ﻭﺟﻨﺘﺎﻩ، ﻭﻋﻼ ﺻﻮﺗﻪ، ﻭاﺷﺘﺪ ﻏﻀﺒﻪ ﻛﺄﻧﻪ ﻧﺬﻳﺮ ﺟﻴﺶ ﺻﺒﺤﺘﻜﻢ ﻣﺴﺘﻜﻢ، ﺛﻢ ﻗﺎﻝ: ﻣﻦ ﺗﺮﻙ ﻣﺎﻻ ﻓﻸﻫﻠﻪ، ﻭﻣﻦ ﺗﺮﻙ ﺩﻳﻨﺎ ﺃﻭ ﺿﻴﺎﻋﺎ ﻓﺈﻟﻲ ﺃﻭ ﻋﻠﻲ، ﻭﺃﻧﺎ ﻭﻟﻲ اﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ "


pertama2 kt bahas kesahihan hadist nya dl,
rawi 1:
utbah bin abdullah wafat thn 244 h
komentar para ahli hadist tntng beliau
imam nasa-i: tsiqoh
ibnu hajar: shaduqun

rawi 2:
ibnul mubarok atau abdullah bin mubarak wafat 181 h
komentar para ahli hadist
ahmad bin hanbal: hafizh
ibnu hajar: faqih,alim,imam
az zahabi: imam khurasan

rawi 3
sufyan tsauri wafat thn 161 h
komentar para ahli hadist
waki': hafiz
khatib bagdad: imam besar
ibnu hajar: tsiqah,hafiz,imam,hujjah
az zahabi: imam mujtahid

rawi 4
ja'far bin muhammad wafat tahun 148 h
beliau adalah imam besar cucu rasulullah yg terkenal alim nya,yaitu dkenal ja'far shodiq,
ittifaq smua ahli hadist mentsiqahkan beliau

rawi 5
ayah beliau muhammad albaqir wafat thn 100 h
beliau jg seorang alim,wali,waro' dan cucu rasulullah,tdk di ragukan lg ke'adalahan beliau

rawi 6
jabir bin abdullah wafat thn 72 h,
beliau seorang sahabat mulia,semua sahabat adil,tdk perlu lg dicari pentajrihan atau penta'dilannya,

dr ringkasan pembahasan ini,
menghimpunlah hadist diatas ini akan syarat2 sahih,
rawinya adil,dhobit,tsiqoh,
karena itu hukum hadist ini sahih......

dalam ta'liq musnad ahmad jil 23 hal 235
itu ada idhtirob dalam hadist diatas,yg jd permasalahan adalah kalimat "كل ضلالة في النار"
didalam riwayat2 yg lbh sahih spt sahih muslim,sunan turmudzi,dll tdk ada penyebutan kalimat kullu dhalalatin fin nar,
tetapi dalam riwayat an nasa-i dan yg seumpamanya menambah kalimat itu,,ada yg mengatakan kalimat itu mauquf dr jabir,bkn marfu dr nabi,
ini nash nya

ﺟﻌﻔﺮ- ﻭﻫﻮ اﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ اﻟﺼﺎﺩﻕ- ﻓﻘﺪ ﺭﻭﻯ ﻟﻪ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻓﻲ "اﻷﺩﺏ"، ﻭاﺣﺘﺞ ﺑﻪ ﻣﺴﻠﻢ. ﻭﻛﻴﻊ: ﻫﻮ اﺑﻦ اﻟﺠﺮاﺡ، ﻭﺳﻔﻴﺎﻥ: ﻫﻮ اﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ اﻟﺜﻮﺭﻱ، ﻭﺃﺑﻮ ﺟﻌﻔﺮ: ﻫﻮ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ اﻟﺒﺎﻗﺮ.
ﻭﺃﺧﺮﺟﻪ ﻣﺴﻠﻢ (867) (45) ، ﻭاﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ (2416) ، ﻭاﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻋﺎﺻﻢ ﻓﻲ "اﻟﺴﻨﺔ" (24) ﻭ (259) ، ﻭاﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ "اﻟﺴﻨﻦ" 3/214، ﻭﻓﻲ "اﻷﺳﻤﺎء ﻭاﻟﺼﻔﺎﺕ" ﺻ 82 ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﻭﻛﻴﻊ، ﺑﻬﺬا اﻹﺳﻨﺎﺩ. ﻭاﻟﺤﺪﻳﺚ ﻋﻨﺪ اﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﻭاﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻋﺎﺻﻢ ﻣﺨﺘﺼﺮ ﻭﺯاﺩ ﻓﻴﻪ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ "اﻷﺳﻤﺎء" ﺑﻌﺪ ﻗﻮﻟﻪ "ﻭﻛﻞ ﻣﺤﺪﺛﺔ ﺑﺪﻋﺔ": "ﻭﻛﻞ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ". ﻭﻟﻴﺴﺖ ﻫﺬﻩ اﻟﺰﻳﺎﺩﺓ ﻓﻲ ﻃﺮﻳﻖ ﻭﻛﻴﻊ، ﻓﺈﻥ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻗﺪ ﻗﺮﻥ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﻭﻛﻴﻊ ﺇﺳﻨﺎﺩ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ اﻟﻤﺒﺎﺭﻙ ﻋﻦ ﺳﻔﻴﺎﻥ، ﻭﺃﻭﺭﺩ ﻟﻔﻈﻪ.
ﻭﺃﺧﺮﺟﻪ اﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻓﻲ اﻟﺼﻼﺓ ﻣﻦ "اﻟﻤﺠﺘﺒﻰ" 3/188-189، ﻭﻓﻲ اﻟﻌﻠﻢ ﻣﻦ "اﻟﻜﺒﺮﻯ" (5892) ، ﻭاﺑﻦ ﺧﺰﻳﻤﺔ (1785) ، ﻭﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ "اﻟﺤﻠﻴﺔ" 3/189 ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﻋﺘﺒﺔ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ اﻟﻴﺤﻤﺪﻱ، ﻭاﻵﺟﺮﻱ ﻓﻲ "اﻟﺸﺮﻳﻌﺔ" ﺻ 45، ﻭاﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ "اﻷﺳﻤﺎء ﻭاﻟﺼﻔﺎﺕ" ﺻ 82 ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﺣﺒﺎﻥ ﺑﻦ ﻣﻮﺳﻰ، ﻛﻼﻫﻤﺎ ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ اﺑﻦ اﻟﻤﺒﺎﺭﻙ، ﻋﻦ ﺳﻔﻴﺎﻥ، ﺑﻪ. ﻭﺯاﺩﻭا ﺟﻤﻴﻌﺎ ﻓﻴﻪ: "ﻭﻛﻞ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ". ﻭﻋﺘﺒﺔ اﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﻭﺣﺒﺎﻥ ﺑﻦ ﻣﻮﺳﻰ ﺛﻘﺘﺎﻥ.
ﻗﻠﻨﺎ: ﻭﻫﺬا اﻟﺤﺮﻑ "ﻛﻞ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ" ﻟﻢ ﻳﺮﻭ ﻓﻲ ﻫﺬا اﻟﺤﺪﻳﺚ ﺇﻻ ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ اﻟﻤﺒﺎﺭﻙ ﻋﻦ ﺳﻔﻴﺎﻥ اﻟﺜﻮﺭﻱ، ﻭﺃﻣﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺣﺪﻳﺚ ﺟﺎﺑﺮ ﻓﻘﺪ ﺭﻭﻱ ﻋﻦ اﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻣﻮﻗﻮﻓﺎ ﻋﻨﺪ اﻟﻻﻟﻜﺎﺋﻲ ﻓﻲ "ﺷﺮﺡ ﺃﺻﻮﻝ اﻻﻋﺘﻘﺎﺩ" (85) ، ﻭاﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﺻ 189، ﻭﺇﺳﻨﺎﺩ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﺿﻌﻴﻒ، ﺃﻣﺎ ﺇﺳﻨﺎﺩ اﻟﻻﻟﻜﺎﺋﻲ ﻓﻔﻴﻪ ﺃﻳﻮﺏ ﺑﻦ اﻟﻮﻟﻴﺪ، ﻭﻫﻮ ﻣﺘﺮﺟﻢ ﻓﻲ "ﺗﺎﺭﻳﺦ ﺑﻐﺪاﺩ" 7/10، ﻭﻟﻢ ﻳﺄﺛﺮ اﻟﺨﻄﻴﺐ ﻓﻴﻪ ﺟﺮﺣﺎ ﻭﻻ ﺗﻌﺪﻳﻼ، ﻭاﻧﻈﺮ (14334) .
nah jd lafazh hadist "kullu dholalatin fin nar" msh di ikhtilafkan,apkh itu mauquf atau marfu,
silahkan periksa sndri di ktb nya msng2,

inti pembahasan hadist kita diatas adalah kalimat ini
" ﺇﻥ ﺃﺻﺪﻕ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻛﺘﺎﺏ اﻟﻠﻪ، ﻭﺃﺣﺴﻦ اﻟﻬﺪﻱ ﻫﺪﻱ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﺷﺮ اﻷﻣﻮﺭ ﻣﺤﺪﺛﺎﺗﻬﺎ، ﻭﻛﻞ ﻣﺤﺪﺛﺔ ﺑﺪﻋﺔ، ﻭﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺿﻼﻟﺔ، ﻭﻛﻞ ﺿﻼﻟﺔ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ"
menurut nahwu:
di sini ada "inna" yg menashobkan isim dan merafa'kan khabar,
makna inna pd umum nya untk menguatkan pembicara'an,
untuk menjadikan si pendengar agar memperhatikan dgn serius,
lalu kalimat stlh inna yaitu "ashdaqo" jd nasab,baris fathah,
kalimat ahsan,syar,dan 3 kull,itu bisa jg di athofkan kpd ashdaqo,jd baris semuanya itu berfathah,menjdi athof,
bila di athofkan kpd nashab,maka jg nashab,,
tp bs jg kalimat ahsan dan stlhnya itu jd mubtada,dan waw nya isti'naf,jd di bc dgn dhummah,,cuma di bc dgn fathah itu lbh aula dan masyhur,,
adapun khabar inna adalah "kitabu" "hadyu" "bid'ah" "dholalah" dan "fin nar " fin nar ini ada muta'alliqnya yaitu ka-inun atau istaqarra,spt kata ibnu malik dalam alfiahnya
وأخبروا بظرف أو بحرف جر * ناوين معنى كائن أو استقر

makna secara terjemah:
sesungguhnya sebenar2 perkataan adalah alquran
sesungguhnya sebagus2 hidayah adalah hadist nabi
sesungguhnya sejahat2 perkara adalah memperbaharuinya
sesungguhnya tiap2 pembaharuan adalah bid'ah
sesungguhnya tiap2 bid'ah adalah sesat
sesungguhnya tiap2 sesat adalah dalam neraka

pandangan secara mantiq:
knp di atas aku mengatakan ada idhtirob dalam mslh "kullu dholalatin fin nar"
krn di pembahasan mantiq ini tdk kt gunakan itu,
tp yg kt gunakan cuma
شر الأمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة
muqaddimah 1 (sugro)
kulla mudatsah "maudhu"
bid'ah mahmul "mahmul"

muqaddimah 2 (kubro)
kulla bid'ah "maudhu"
dholalah "mahmul"

di sini ada pembahasan syikl,

ﻓﺎﻟﺸﻜﻞ ﺍﻷﻭﻝ ( ﺍﻟﺬﻱ ﻛﺎﻥ ) ﺍﻷﻭﺳﻂ ( ﻓﻴﻪ
ﻣﺤﻤﻮﻻً ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻘﺪﻣﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ) ﺍﻟﺼﻐﺮﻯ (
ﻭﻣﻮﺿﻮﻋﺎً ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻘﺪﻣﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ) ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ (:
ﻳﺘﺸﺮﻁ ﻓﻴﻪ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﻘﺪﻣﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ) ﺍﻟﺼﻐﺮﻯ (
ﻣﻮﺟﺒﺔ، ﺳﻮﺍﺀ ﻛﺎﻧﺖ ﻛﻠﻴﺔ ﺃﻡ ﺟﺰﺋﻴﺔ، ﻭﺍﻟﻤﻘﺪﻣﺔ
ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ )ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ ( ﻛﻠﻴﺔ ﺳﻮﺍﺀ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﻮﺟﺒﺔ ﺃﻡ
ﺳﺎﻟﺒﺔ
qa'idah mantiqiah syikl awal had wasath nya dibuang,
had wasathnya itu adalah yg jd mahmul pd muqaddimah 1 atau shugro
dan yg jd maudhu pd muqaddimah 2 atau kubro,
yaitu "bid'ah" dan "kulla bid'ah"

lalu pembahasan ini untk bisa di jadikan syikl awal ada syaratnya,yaitu:
muqaddimah 1 nya itu mujabah "tdk ada nafi" sm ada kulliah atau juz-iyah,,
muqaddimah 2 nya harus kulliah,sm ada mujabah 'itsbat' atau salibah 'nafi'

pd kalimat muqaddimah 1 "kulla muhdatsat bid'ah" ckp syaratnya yaitu mujabah atau tdk ada nafi nya
pd kalimat muqaddimah 2 "kulla bid'atin dholalah" jg ckp syaratnya,yaitu harus kulliah krn ada kalimat kullu,

jd natijah nya:
dibuang had wasatnya,maka menjadilah ini
كل محدثة ضلالة
lalu dgabungkan dgn makna sblm nya
sesungguhnya sejahat2 perkara adalah memperbaharuinya, dan tiap2 pembaharuan adalah kesesatan,

kemudian jika kt pandang secara makna terjemah,,
memang disini ada lafazh kullu maka itu adalah kulliyah,
jd semua pembaharuan itu kah di anggap sesat,,
owh ternyata tidak,
karena di pandang dr segi balagah dan ushul,dsini ada dalalah iqtidha-iyah

kt pandang dr kalimat "شر الأمور " dan kalimat " ضلالة" ini menunjukkan mafhum yg di maksud adalah pembaruan yg jahat,

secara teks asli
كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة
di kecilkan dgn membuang had wasathnya menjdi
كل محدثة ضلالة
lalu di hubungkan dgn takdir yg tersirat dkalimat itu dgn dalalah iqtidha
jd kt bisa mentakdirkan nya begini
كل محدثة سيئة ضلالة
tiap2 pembaruan yg jahat adalah sesat,
inilah mafhum muwafaqah yg ada pd hadist nabi,,,,

lalu kita kecilkan lg dgn menghubungkan ke mafhum mukhalafahnya,yaitu
كل محدثة حسنة ليس بضلالة
tiap2 pembaruan yg baik,maka itu bkn lah hal yg sesat,,,

aku kutip lg dr beberapa ktb para ulama,diantaranya dr karangan imam nawawi,imam ibnu hajar dan ibnu rajab

menurut imam nawawi
ﻭﻗﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: "ﻭﻛﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﺿﻼﻟﺔ" ﻭﻫﻮ ﻣﻦ اﻟﻌﺎﻡ اﻟﺬﻱ ﺃﺭﻳﺪ ﺑﻪ اﻟﺨﺎﺹ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﻗﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ اﻟﻤﺨﺮﺝ ﻓﻲ "اﻟﺼﺤﻴﺢ": "ﻣﻦ ﺃﺣﺪﺙ ﻓﻲ ﺃﻣﺮﻧﺎ ﻫﺬا ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﻣﻨﻪ ﻓﻬﻮ ﺭﺩ".
jd kullu di sini adalah kullu yg umum tetapi yg dkehendaki khusus,
maksdnya begini: secara tersurat,dpandang ada ke'umuman,tp secara tersirat ada kekhususan,yaitu di takhsish dgn muqayyad bis sifat dgn menggunakan dalalah iqtidho'iyah pd kalimat muhdatsat yg disifatkan kpd sayyi-ah

menurut imam baihaqi
ﻭﻗﺪ ﺛﺒﺖ ﻋﻦ اﻹﻣﺎﻡ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻗﻮﻟﻪ: اﻟﻤﺤﺪﺛﺎﺕ ﻣﻦ اﻷﻣﻮﺭ ﺿﺮﺑﺎﻥ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ: ﻣﺎ ﺃﺣﺪﺙ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﻛﺘﺎﺑﺎ ﺃﻭ ﺳﻨﺔ ﺃﻭ ﺃﺛﺮا ﺃﻭ ﺇﺟﻤﺎﻋﺎ، ﻓﻬﺬﻩ اﻟﺒﺪﻋﺔ اﻟﻀﻼﻟﺔ. ﻭﻣﺎ ﺃﺣﺪﺙ ﻣﻦ اﻟﺨﻴﺮ ﻻ ﺧﻼﻑ ﻓﻴﻪ ﻟﻮاﺣﺪ ﻣﻦ ﻫﺬا، ﻓﻬﺬﻩ ﻣﺤﺪﺛﺔ ﻏﻴﺮ
ﻣﺬﻣﻮﻣﺔ. ﺭﻭاﻩ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ "اﻟﻤﺪﺧﻞ" ﺻ206.
imam syafi'i memaknakan bid'ah menurut pandanganku disini menggunakan had tamm,
yaitu suatu pembaharuan yg menyalahi alquran,sunnah,atsar sahabat dan ijma ulama,,ini adalah bid'ah yg sesat kata beliau,
adapun bid'ah yg tdk menyalahi salah satu yg 4 diatas,itu bkn bid'ah yg sesat,tp bid'ah yg bgs,
spt maulidan,tahlilah,burdahan,dalailan,ziarahan,isro mi'raj,dan perbuatan baik lain nya,

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﺤﺎﻓﻆ اﺑﻦ ﺭﺟﺐ اﻟﺤﻨﺒﻠﻲ: ﻭاﻟﻤﺮاﺩ ﺑﺎﻟﺒﺪﻋﺔ: ﻣﺎ ﺃﺣﺪﺙ ﻣﻤﺎ ﻻ ﺃﺻﻞ ﻟﻪ ﻓﻲ اﻟﺸﺮﻳﻌﺔ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻴﻪ، ﺃﻣﺎ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﺃﺻﻞ ﻣﻦ اﻟﺸﺮﻉ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻴﻪ، ﻓﻠﻴﺲ ﺑﺒﺪﻋﺔ ﺷﺮﻋﺎ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﺪﻋﺔ ﻟﻐﺔ.
adapun ta'rif milik ibnu rajab hanbali ini,agak berbeda dgn ta'rif imam syafi'i diatas,pandanganku ta'rif ibnu rajab ini beliau memakai had naqish,,
jd yg kita pakai adalah ta'rif imam syafi'i diatas,dan ta'rif ibnu rajab ini gak usah di pakai dan gak usah di fatwakan,aplg beliau bkn imam kt,krn mazhabnya hanbali,hehe

tertanda penulis artikel:

mahmud
santri ma'had 'ali darussalam martapura kalsel

No comments:

Post a Comment